Rabu, 09 Desember 2009

Pertemuan Adven 2009 Minggu Kedua

Pertemuan Adven 2009 minggu kedua berlangsung di rumah keluarga Bapak Laurentius Justinianus Moestar pada hari Selasa 08 Desember 2009. Tema malam hari itu tentang Tanggung Jawab Keluarga Dalam Gereja dan yang bertindak sebagai pemandu adalah Bapak Tarcicius Partono.

Sebelum acara sharing dimulai, Bapak T. Partono menyampaikan 3 pertanyaan dari Buku Panduan Adven 2009 Keuskupan Agung Semarang sebagai bahan permenungan:
  1. Apa yang dimaksud dengan keluarga Katolik?
  2. Sebutkan tanggung jawab keluarga Katolik?
  3. Apa yang telah Anda lakukan sebagai keluarga Katolik untuk mengembangkan Gereja (lingkungan, wilayah, stasi dan paroki)?
Malam hari itu beberapa umat yang hadir menceritakan pengalaman hidup mereka dalam berkeluarga. Tentang bagaimana mereka mendidik anak-anak mereka menurut ajaran Gereja Katolik, sesuai dengan janji perkawinan mereka ketika menikah dihadapan Imam dan para saksi. Ketika anak-anak mereka masih kecil, keluarga tersebut melakukan doa bersama setiap hari. Namun ketika anak-anak mereka sudah menginjak usia remaja, kesempatan untuk berdoa bersama semakin berkurang karena anak-anak sudah disibukkan dengan berbagai macam kegiatan dan tugas-tugas yang harus dikerjakan.

Ada juga yang bercerita tentang pengalaman hidupnya ketika badai melanda rumah tangga mereka. Dimana di dalam badai tersebut iman mereka benar-benar diuji. Keluarga tersebut dihadapkan pada dua pilihan yaitu memegang teguh iman Katolik mereka atau menerima tawaran kemewahan duniawi. Keluarga tersebut akhirnya memilih untuk tetap mengikuti Yesus Kristus hingga sekarang.

Pada akhir sharing, Bapak L.J. Moestar menyampaikan beberapa poin penting:
  1. Keluarga Katolik adalah keluarga yang terdiri dari Bapak, Ibu dan Anak yang telah dibaptis secara Katolik
  2. Setiap keluarga memiliki Salib yang harus dipikul, beban Salib tersebut tidak sama antara keluarga yang satu dengan yang lain
  3. Keluarga Katolik bertanggung jawab untuk mendidik anak-anak mereka menurut ajaran Gereja Katolik hingga anak-anak tersebut telah siap untuk membentuk keluarga baru
  4. Sebagai keluarga Katolik kita harus peka terhadap keadaan lingkungan kita dan kita juga harus peduli kepada saudara-saudara kita
Setelah sharing, acara dilanjutkan dengan penyalaan Lilin Korona Adven dan Doa Syukur atas Habitus Baru dan berkat yang disampaikan oleh Bapak T. Partono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar